Astra Jadi Bagian Hidupku, Bukan Suatu Kebetulan

Astra Jadi Bagian Hidupku, Bukan Suatu Kebetulan

By : -

Astra Jadi Bagian Hidupku, Bukan Suatu Kebetulan

Petikan lagu ciptaan Pongki Barata di bawah ini sepertinya cocok jadi lagu latar tuk hubungan saya dengan PT. Astra International Tbk. Bukan suatu kebetulan, Astra turut berperan pada hampir semua lini kehidupan saya. Bagai terjebak dalam suatu pusaran, selalu saja ada benang merah penghubung di antara kami.

“Takkan pernah berhenti untuk selalu percaya
Walau harus menunggu seribu tahun lamanya
Biarkan terjadi wajar apa adanya
Walau harus menunggu seribu tahun lamanya
Jika kau masih ragu untuk menerima
Biarkan hati kecilmu bicara
Karena ku yakin kan datang saatnya
Kau jadi bagian hidupku
Kau jadi bagian hidupku
Kau jadi bagian hidupku”
Tulus – 1000 Tahun Lamanya

Honda di Keluarga Saya

Entah sejak kapan, motor Honda Astrea 700, pemberian kakek, menjadi milik mama saya. Motor berwarna merah khas itu berkontribusi mengantar saya ke sekolah saat masih kecil. Bapak lebih sering menggunakannya. Kadang, kami mesti bersempit-sempitan. Adik akan duduk di depan, saya dan kakak duduk berderet di belakang bapak. Apalagi kalau lebaran Idul Fitri tiba. Motor itu berjasa membawa kami silaturahim ke rumah keluarga. Sayangnya, motor itu sudah dijual.

Ketika kakak saya memasuki jenjang perkuliahan, ia memohon pada bapak agar dibelikan motor impiannya. Bapak menolak. Ia bersikeras hanya akan membelikan motor bermerk Honda. Menurut bapak, motor Honda lebih irit bensin. Kakak pun menurut. Baginya, asalkan bisa punya motor, itu sudah luar biasa. Akhirnya, Honda Supra X 125 R berwarna merah jadi milik kakak, motor yang selalu dipakai mengantar saya hingga dapat pete-pete (sebutan bagi kendaraan umum di Makassar) agar bisa ke kampus. Hingga kini, mesin motornya awet, bahkan masih dipakai oleh keluarga kami lainnya.

60 Tahun Perjalanan Astra

Keluarga saya dan motor Honda andalannya. Dokumentasi pribadi.

Saya tak dibelikan motor karena tak bisa mengendarainya meski sudah kuliah. Itupun saya mahir, setelah setahun bekerja. Adik saya yang dibelikan motor Honda Supra X 125 PGM FI berwarna abu-abu, oleh bapak, saat mulai beranjak kuliah. Sampai sekarang, motor itu masih jadi andalan adik tuk kemana-mana.

Setelah menikah dan ikut suami merantau ke Bali, saya tak menyangka bahwa ternyata suami punya motor Honda Beat hitam keluaran tahun 2010. Duh, betapa sempitnya dunia saya. Motor Honda selalu ada lingkaran keluarga saya.

Hal yang saya sukai dari motor keluaran PT. Astra Honda Motor (AHM) adalah penanda tanggal service berikutnya. Pada bawah sadel motor ditempeli stiker, bertuliskan usulan tanggal tuk datang ke bengkel, guna melakukan service motor kembali. Fungsinya semacam pengingat agar pelanggan dapat rutin melakukan perawatan motor. Suatu bentuk pelayanan pelanggan yang patut diacungi dua jempol. Kelebihan lainnya adalah bengkel tetap buka meski akhir pekan. Jadi, pelanggan tak punya alasan tuk enggan ke bengkel.

Teman Dekat dan Nilai Filosofis Astra Grup

Teman dekat saya, berinisial HD, telah lebih setahun berkerja di salah satu cabang PT. Astra International Tbk – UD Truck SO. Ayahnya, seorang pensiunan karyawan di salah satu perusahaan Grup Astra. Tiap berkunjung ke rumah HD, sambil membawa cahkwe (penganan khas tradisional Tionghoa) sebagai cemilan, ayahnya akan menyapa dengan senyum meneduhkan. Apapun masalah yang sedang dihadapi, pasti sejenak terlupakan karena senyum khas beliau.

HD pernah bercerita mengenai nilai SYNERGY di lingkungan kerjanya. Dimana para karyawan dengan penuh semangat saling memahami, menghargai, dan keterbukaan yang positif dalam mencapai tujuan bersama. Seperti pada kegiatan briefing lima menit setiap pagi tuk membangun kerja tim yang solid.

Selalu ada kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas karyawan melalui inovasi. Salah satunya yakni Quality Control Circle (QCC), berupa improvement dan inovasi dengan kategori tim lintas departemen dalam satu divisi. Dimana para karyawan, dalam sebuah kerja tim, ditantang tuk mampu memecahkan masalah hingga mendapatkan solusi terbaik. Menurut HD, manfaat QCC dapat dirasakan olehnya bukan hanya di lingkungan perusahaan, namun juga dalam kehidupan sehari-hari.

QCC merupakan salah satu kategori dalam ajang InnovAstra yang diadakan setiap tahunnya hingga kini, sejak tahun 1980. Selain QCC, ada pula kategori Suggestion Systems (SS), kategori Quality Circle Project (QCP), kategori Business Performance Improvement (BPI), dan kategori Value Chain Improvement (VCI) yang baru dimulai sejak tahun 2013.

InnovAstra 2016

Jumlah proyek yang dihasilkan melalui program InnovAstra 2016. Dokumentasi pribadi.

Dilansir dari Laporan Tahunan (Annual Report) Astra tahun 2016, InnovAstra ke-32 yang mengusung tema “Bringing Up to the Next  Landscape” mampu menjaring semangat kreativitas yang tinggi dalam lingkup Grup Astra, terbukti dengan jumlah proyek yang diikutsertakan, antara lain kategori SS sebanyak 688.129 proyek, Kategori QCC sebanyak 9.203 proyek, Kategori QCP sebanyak 1.309 proyek, Kategori BPI sebanyak 96 proyek, dan Kategori VCI sebanyak 19 proyek. Sungguh pencapaian luar bisa, mengingat usianya yang tak muda lagi.

Sekretariat LemINA di Kampung Berseri Astra

Sejak mahir berkendara roda dua, pada pertengahan tahun 2016, hampir tiap bulan saya beserta motor andalan senantiasa melaju ke sekretariat LemINA. LemINA adalah yayasan nirlaba yang bergerak melalui kesehatan dan pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dengan slogan “Untuk Senyum Anak Indonesia”. Saya ambil bagian sebagai relawan anak di LemINA.

Rutenya adalah saya menyusuri Jalan Rappocini Raya dari arah Jalan Veteran, berbelok ke kiri di lorong 3. Saya akan menjumpai dua polisi tidur dan dinding rumah warga berisi tanaman asri dalam pot daur ulang. Jika akhirnya bertemu perempatan lorong, saya akan memilih berbelok ke kanan. Rumah kedua di sebelah kiri adalah destinasi saya. Sekretariat LemINA tepat berada di samping Yayasan Babul Jannah.

Tiap berada di perempatan lorong, saya seringkali singgah sejenak, ada papan penanda nama jalan yang menarik perhatian. Pilihan nama yang digunakan adalah jenis kendaraan dari Astra Grup. Duh, maaf, saya lupa apa saja. Hampir satu semester ini, saya tak pernah lagi kesana. Belakangan, November 2017 lalu, berkat postingan blog seorang teman, akhirnya saya tahu bahwa lorong yang seringkali saya lewati menuju sekretariat LemINA adalah bagian dari Kampung Berseri Astra (KBA).

KBA merupakan wujud Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Astra International Tbk. yang diimplementasikan kepada sebuah kelompok masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan. Target masa pengimplementasian KBA pada tiap wilayah adalah 5 tahun.

Berdasarkan Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report) Astra 2016, program-program CSR terbagi atas empat kategori, yakni Astra untuk Indonesia Sehat melalui pilar kesehatan, Astra untuk Indonesia Cerdas melalui pilar pendidikan, Astra untuk Indonesia Hijau melalui pilar lingkungan, dan Astra untuk Indonesia Kreatif melalui pilar kewirausahaan.

KBA Rappocini menjadi satu-satunya di Sulawesi Selatan. Ada pula KBA Bunaken di Manado. Hingga tahun 2016, hanya ada dua KBA di Pulau Sulawesi. Semoga ke depannya, Astra bisa merambah ke area lain dan melebihi angka 49 KBA yang telah tersebar pada 17 provinsi di Indonesia.

KBA Rappocini mulai dikembangkan pada akhir tahun 2015 dan diresmikan pada bulan Februari 2016. Bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat antara lain bank sampah, pembuatan kerajinan rotan, pembuatan sandal dari eceng gondok, posyandu, dan pendidikan PAUD. Sebelumnya, hal tersebut telah diinisiasi oleh warga setempat. Pihak Astra membantu tuk mengembangkan agar tetap berkesinambungan.

Harapan Saya tuk Perjalanan Astra Berikutnya

Tak bisa dipungkiri bahwa Astra turut berperan pada hampir semua lini kehidupan saya. Semoga saja harapan Astra Grup tuk menjadi kebangaan bangsa di tahun 2020 dapat terwujud. Karena dengan sendirinya, berarti hidup saya turut sejahtera. Semoga dengan pembudayaan Catur Dharma pada semua insan Astra, demi memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pemangku kepentingan, dapat menebar lebih banyak inspirasi dan manfaat.

Sumber foto : https://anugerahpewartaastra.satu-indonesia.com

Sumber foto : https://anugerahpewartaastra.satu-indonesia.com

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *