Belajar Memaafkan Diri Sendiri

Belajar Memaafkan Diri Sendiri – Pernahkah Anda sedih ? Pernahkah Anda bingung ? atau pernahkah Anda kesal terhadap hidup ini ?

Pernahkah Anda menjerit seperti ini Ya ALLAH, Tolong Aku ketika bersedih ?

Ini yang terjadi pada diri Saya akhir – akhir ini, apalagi saat-saat menjelang tanggal 1 Juni dimana hari demi hari akan membuat beban yang rasanyaΒ  berat ini semakin bertambah. Seperti yang telah kita ketahui bersama kalau tiap manusia memiliki masalah dan kelemahan hati masing-masing, begitu pula Saya yang memiliki emosi sedih yang rentan ketika membahas tentang kakek Saya seperti yang telah kuceritakan di tulisan tribute to my grandfather.Oh iya, hari ini tanggal 1 juni 2011, tepat 2 tahun setelah beliau meninggal. Untungnya, dalam waktu dekat ini Saya menemukan sebuah buku yang cukup ampuh membuat Saya merasa lebih lega dari hari-hari yang telah lalu. Buku itu diperlihatkan oleh teman Saya yang ketika itu ternyata juga merupakan buku yang sedang Dia pinjam dari temannya yang lain.

Saya pun langsung berpikir untuk segera memilikinya untuk mengurangi kegalauan Saya. Syukurlah, karena Saya pun masih diberi kesempatan untuk memiliki dan membaca buku ini. Alhamdulillah, membaca buku ini membuat Saya secara tidak langsung belajar sedikit demi sedikit untuk memaafkan diri Saya sendiri. Artikel ini khusus Saya dedikasikan untuk Kakek Saya (A tribute to my grandfather). Berikut adalah tampak depan dan tampak belakang dari buku yang Saya maksud :

Buku yang berjudul Ya ALLAH, Tolong Aku ini ditulis oleh seseorang yang bernama A.K 13 tahun yang lalu, di saat Dia mengalami “shock” yang sangat berat. Seperti yang Dia katakan pada bagian “kata pengantar” di buku ini, bahwa buku ini merupakan hasil pelajaran dan pengalamannya yang pernah ditimpa kesedihan yang mendalam, pernah merasakan bagaimana sakitnya hati, bagaimana gelisahnya jiwa mencari suatu kedamaian.

Hal yang Saya suka dari buku ini adalah karena A.K dalam menulis bukunya memiliki acuan pustaka yang jelas yakni AL-Qur’an dan beberapa hadist. Dia melampirkan ayat-ayat yang berhubungan dengan apa yang Dia ingin bahas di tiap babnya. Selain itu, tiap bab memiliki kesimpulan dan doa-doa yang tentunya sangat bermanfaat buat kita.

Ada beberapa kutipan favorit Saya dalam buku yang bergenre Motivasi Islami ini, antara lain :

1. “Satu hari yang lalu, satu detik yang lalu adalah takdir. Kau tidak akan bisa mengubahnya.

Satu hari yang akan datang, satu detik yang akan datang adalah harapan. Kau pasti akan dapat mengubahnya.”

2. “Friend in need is a friend indeed. Sahabat sejati adalah sahabat yang selalu menolong di saat kita membutuhkannya.”

3. ” Jika tujuan hidup ini adalah untuk mendapatkan kebahagiaan, kenapa kau tidak melakukan hal yang bisa membuatmu bahagia?”

Saya tidak ingin mempromosikan kepada Anda untuk membeli dan membaca buku ini. Saya hanya ingin berbagi kepada Anda bahwa buku ini sangat bermanfaat buat Saya karena telah membantu Saya untuk keluar dari kesedihan serta mengajarkan kepada Saya untuk memafkan diri sendiri. Kalau pun Anda tersentuh untuk membeli buku ini semoga karena itw hanya Ridha dari ALLAH SWT dan dari keinginan diri Anda sendiri. Amin Ya Rabb.

Ada hal yang membuat Saya bingung hingga sekarang yakni kenapa penulis ini hanya menggunakan inisial A.K sebagai penulis malah bukan nama aslinya. Semoga ALLAH SWT mendengar jeritan penasaran Saya dan mempertemukan Saya dengan A.K-si penulis buku ini-. Selain itu, Saya juga ingin berterima kasih secara pribadi kepadanya karena beliau telah membantu Saya untuk mengurangi kesedihan.

13 thoughts on “Belajar Memaafkan Diri Sendiri

  1. Assalamualaikum,

    Saya sdh membaca buku ini berkali kali, subhanallah isinya bermanfaat, bahasanya mudah dipahami.
    Ttp buku itu tertinggal di taxi, saya sdh mencari ke bbrpa toko buku ttp sdh tdk ada.
    Ada yg bisa bantu saya utk mendapatkan buku ini kembali, pleas reply ke email saya utk informasinya mendapatkan buku ini kmbali. Trimakasiiii

    1. Waalaikumsalam,
      Terima kasih sudah share disini, saya akan menginfokan bila mendapatkannya πŸ˜€

  2. silahkan cari di toko gramedia terdekat. saya sendiri baru menemukan buku ini 1 minggu yg lalu tapi saya dapatnya di gramedia manado.

  3. bku ini bags bgt bagi orang yg lg down,,
    n stlh bca bku ini, insyaallah bs semangat lg n berjuang buat jalani semua masalah yg d hadapi,,,

  4. Assalamualaikum. Selamat siang. Saya A.K. penulis buku yang Anda review di atas. Bolehkah saya share link review Anda ini di laman fb dan twitter saya? Sebelumnya terima kasih banyak, semoga buku saya bisa bermanfaat bagi Anda atau sanak keluarga. A.K. @AKpenulis

  5. Buku ini menjadi kekuatan buat aq, aq dapet buku ini disaat benar” sedang jatuh+galau. setelah baca buku ini perlahan tapi pasti, banyak perubahan dalam hidup q, buku ni benar” membuat q merasa dekat n amat sangat dekat dengan pencipta ku “ALLOH SWT”

  6. berharap dr tulisan yg di bukukan dg indah ini bisa lebih memilih cover yg tepat. covernya indah, tpi akan lbih indah klau si perempuan memakai hijab, apalagi ini buku yang mengusung nuansa islam πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *