Beruntung di saat tepat

“Jalinlah silaturahim, hari ini adalah kesempatanmu bertemu orang lain, selain lingkungan kerjamu”

Pikiran yang terlintas sejenak ketika terbangun di pagi hari. Sore ini, 11 Juni 2016, direncanakan kelas terakhir “Nulis Blog Sobat” dengan tema Self Editing oleh Kak Riri di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin.  Dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama.

Sebenarnya saya malas keluar rumah. Saya tak sahur, ada kerjaan mesti diselesaikan, dan panas menyengat di luar membuatku malas beranjak. Ponsel Oppo saya bermasalah karena tak bisa membuka aplikasi. Hanya sanggup memperhatikan obrolan grup whatsapp dan line dalam sedua detik. Saya harus keluar rumah.

Setiba di Service Center, saya mendapati bahwa sudah pindah di lokasi. Dari alamatnya, saya memperkirakan bahwa jalan menuju lokasinya tidak akan dilalui oleh kendaraan umum. Saya memotret alamat barunya yang petunjuknya tertempel di bagian atas pintu ruko. Lalu, memilih duduk di kursi Pak Satpam toko sebelah sambil memikirkan solusi terbaik mencapai tujuan.

Paniklah saya. Tersisa uang tunai sebanyak Rp. 14.000,00 di kantong celana. Tak mungkin saya tiba di tujuan jika tetap memaksakan diri menggunakanpete-pete (sebutan untuk kendaraan umum di Makassar). Kecuali, menarik uang dari rekening tabungan dan hal itu belum masuk kualifikasi solusi.

Tiba-tiba, seorang pria berjaket abu-abu dengan celana kargo khaki singgah di depan Service Center. Menatap bingung ke dalam ruko. Sepertinya bapak itu memiliki tujuan yang sama dengan saya. Kesempatan datang di saat tepat. Saya beranjak dari kursi untuk mencegat kepergian bapak itu.

“Pak, mau perbaiki ponsel juga yah?” Tanyaku tergesa.

“Iya, tapi kenapa banyak orang rapat? Suasananya tak seperti service center. Padahal bulan lalu, temanku pergi disini ji,” Jawabnya dengan ragu.

“Pindah lokasi mi, Pak. Ke sekitaran Jalan Sungai Saddang Lama. Ada kufoto alamat barunya. Bisa ka sekalian numpang? Naik pete-pete ja dan bukan jalurnya pete-pete,” Saya memelas.

Bapak itu mengiyakan meskipun ragu karena tak membawa helm. Kami bersama menuju Service Center Oppo di Jalan Sungai Saddang No. 78, dekat RS. Bersalin Elim Makassar, berdasarkan petunjuk alamat baru yang saya foto.

Selepas ponsel sudah direparasi, saya  meminta tolong lagi untuk diantar ke tempat yang bisa diakses pete-pete menuju sekitaran Alauddin dan bapak itu setuju. Entah apa yang dipikirkan bapak itu saat menolong saya, padahal tujuan izinnya dari kantor hanya untuk memperbaiki ponsel, malah jadi bertambah gara-gara membantu perempuan yang tak dikenal, cerewet pula seperti saya. Semoga sikap altruisme bapak itu mengantarkan rezeki melimpah ruah bagai sungai mengalir tanpa henti.

Menurut Walstern, dan Piliavin (Deaux, 1976), perilaku altruistik adalah perilaku menolong yang timbul bukan karena adanya tekanan atau kewajiban, melainkan tindakan tersebut bersifat suka rela dan tidak berdasarkan norma–norma tertentu, tindakan tersebut juga merugikan penolong, karena meminta pengorbanan waktu, usaha,uang dan tidak ada imbalan atau pun reward dari semua pengorbanan. (Dikutip dari miklotof.wordpress.com)

Jam menunjukkan 14.08 Wita saat saya tiba di lokasi pertemuan.  Saya memotret diri tuk membuktikan keberadaan, foto pertama menggunakan ponsel saya yang sudah direparasi.

Tiba lebih awal di RM. Ayam Bakar Wong Solo Alauddin
Tiba lebih awal di RM. Ayam Bakar Wong Solo Alauddin

Tiba dua jam lebih awal memberikan saya keberuntungan lainnya. Saya dapat hadiah menarik berupa baju kaos lengan pendek, ungu, bergambar vespa klasik, dan bertuliskan Jakarta Tempo Doeloe. Pemberian Kak Riri dan diserahkan oleh Kak Nurtang, relawan Sobat LemINA.

Dapat Baju Hadiah Datang Pertama
Dapat Kaos, Hadiah Karena Datang Lebih Awal

Sebagai buah tangan, setiap peserta kelas terakhir “Nulis Blog Sobat” dapat sampel lulur mandi “Purbasari” berkemasan sachet. Lumayan loh bisa dipakai perawatan hingga menjelang lebaran. Saya berhasil menjarah empat belas sachet (jangan bilang-bilang yah…). Semoga setelah rutin berlulur, saya tampak lebih cantik dan cerah ceria saat berlebaran ria.

Hadiah Lulur Purbasari dan Voucher Gramedia
Hadiah Lulur Purbasari dan Voucher Gramedia

Saya juga dapat selembar voucher senilai Rp. 25000,00 untuk pembelian buku di Gramedia manapun dan valid hingga Desember 2016 karena blog saya paling terbaharui. Ada dua voucher dan satunya diperoleh Indira.

Semoga para manusia yang kutemui hari ini mendapat mendapat rezeki berlipat ganda dan ibadah ramadhannya berkah.

 

4 tanggapan untuk “Beruntung di saat tepat

  1. Tri Balas

    Kalau boleh share donk kak tmpt sc oppo yg terbaru…terus lebih Rincinya dimana…terima kasih sebelumnya

    • Nurfaisyah PenulisBalas

      Halo Tri, salam kenal.
      Terima kasih sudah berkunjung.
      Lokasi Service Centre Opp pindah ke Jalan Sungai Saddang Lama, dekat Rumah Bersalin Elim.
      Sebelah kiri, sebelum perempatan lampur merah pizza ria kafe, jika dari arah jalan veteran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *