Kesehatan

Definisi dan Gambaran Klinis Osteoarthritis

4 November 2011

Osteoartitis adalah gangguan pada sendi yang bergerak. Penyakit ini bersifat kronik, berjalan progresif lambat, tidak meradang, dan ditandai oleh adanya deteriorasi dan abrasi rawan sendi dan adanya pembentukan tulan baru pada permukaan persendian. Osteoartritis adalah bentuk artritis yang paling umum, dengan jumlahnya sedikit melampaui separuh jumlah artritis. Gangguan ini sedikit lebih banyak pada perempuan daripada laki – laki dan terutama ditemukan pada orang – orang yang lebih daru 45 tahun. Penyakit ini pernah dianggap sebagai suatu proses penuaan normal, sebab insidens bertambah dengan meningkatnya usia.

Osteoartritis terutama menyebabkan perubahan – perubahan biomekanika dan biokimia di dalam sendi; penyakit ini bukan suatu peradangan. Namun, seringkali perubahan di dalam sendi ini disertai oleh sinovitis, menyebabkan nyeri dan perasaan tidak nyaman.

Gambaran klinis osteoartritis umumnya berupa nyeri sendi terutama apabila sendi bergerak atau menanggung beban. Nyeri tumpul ini berkurang bila pasien beristirahat, dan bertambah bila sendi digerakkan atau bila memikul beban tubuh. Dapat pula terjadi kekakuan sendi setelah sendi tersebut tidak digerakkan beberapa lama, tetapi kekauan ini akan hilang setelah digerakkan. Kekakuan pada pagi hari, jika terjadi, biasanya bertahan selama beberapa menit, bila dibandingkan dengan kekakuan sendi di pagi hari yang disebabkan oleh artritis reumatoid yang terjadi lebih lama. Spasme otot atau tekanan pada saraf di daerah sendi yang terganggu adalah sumber nyeri.

Sumber :

Patofisiologi : Konsep Klinis Proses – Proses Penyakit; edisi 6 (2005)

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply