Kesehatan

Ini Dia Beberapa Fakta Tentang Ambroxol Yang Wajib Diketahui

29 Oktober 2018

Pastinya kita pernah mendengar yang namanya ambroxol. Lalu apa itu ambroxol? Ambroxol itu merupakan salah satu obat yang termasuk kedalam kategori mukolitik yang berfungsi untuk mengencerkan dahak. Obat ini biasanya akan digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pernapasan akibat berlebihannya produksi dahak pada sebuah kondisi seperti emfisema dan bronkiektasis. Obat ini dikhususkan untuk mengobati batuk yang disertai dengan banyak dahak dan juga kental yang biasanya akan menyumbat saluran pernapasan seperti pada bronchitis, bronkiektasis, asma, dan juga kondisi yang serupa lainnya.

Batuk ambroxol
Sumber : popmama.com

Fakta Ambroxol

Berikut beberapa fakta tentang ambroxol yang wajib diketahui diantaranya yaitu :

Kemasan
Ambroxol dihadirkan dalam dua varian yaitu botol 20 ml yang mengandung ambroxol HCL 15 mg/ml. Dan juga tersedia dalam bentuk tablet dalam kemasan dos yaitu 10 x 10 tablet 30 mg, dan ambroxol syrup didalam kemasan botol 60 ml syrup 15 mg/ml, dan juga syrup forte 30 mg/5 ml syrup forte.

Mengkonsumsi Obat Yang Benar
Cara yang benar untuk mengkonsumsi obat ini adalah harus mengikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan sebelum mengkonsumsinya. Sehingga waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat ini akan kita ketahui, apakah saat makan atau setelah makan. Pastikan adanya jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis yang berikutnya. Dan usahakan didalam mengkonsumsinya setiap hari itu pada jam yang sama sehingga akan maksimal efeknya.

Dosis
Berikut dosis yang lazim digunakan didalam penggunaan obat ini diantaranya yaitu :
Dewasa : Dosis bagi orang dewasa maka biasanya akan diberikan sebanyak 30 hingga 120 mg sehari.
Anak usia 2 hinga 5 tahun : 3 x 1 ½ ml sehari.
Anak atau bayi usia 1 hingga 2 tahun : 2 x 1 ml ambroxol sehari.
Sedangkan ambroxol untuk bayi dibawah 1 tahun diberikan dengan dosis : 2 x ½ ml sehari.
Dosis lazim untuk anak : 1.2 hingga 1.5 mg/kg berat badan sehari dalam dosis bagi.

Itulah beberapa fakta tentang ambroxol yang wajib diketahui. Ketika ambroxol diberikan secara oral onset yang dilakukan setelah sekitar 30 menit maka obat akan bekerja dengan cara memecah serat mukopolisakarida pada dahak sehingga akan membuatnya lebih longgar dan encer sehingga dahak akan mudah dikeluarkan pada saat batuk.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply