Gara-Gara Pesta Komunitas Makassar (PKM) 2016

Salut buat teman-teman komunitas yang telah menyukseskan Pesta Komunitas Makassar (PKM) 2016. Kegiatan yang selalu berhasil menjadi wadah berkumpulnya para komunitas di Makassar. Tahun ini menembus angka 200an komunitas yang telah terdaftar dalam data dasar www.Komunitasmakassar.org dan merupakan pencapaian luar biasa.

 

Terima kasih buat Fanda Pratama, ketua PKM 2016, merupakan sosok yang telah berhasil mengkordinir kepanitiaan dengan sangat apik sehingga acara tahun ini terbilang sukses menyita perhatian warga Makassar selama dua hari. Realisasi tema “Kreativitas Tanpa Batas” berhasil membuat semakin banyak area keren tuk memotret diri di lokasi kegiatan.

 

Ada totem bertuliskan PKM 2016 berdiri kokoh pada mural yang sangat detail penggambarannya. Kamu belum eksis, jika mondar-mandir selama 21-22 Mei 2016 di Anjungan Pantai Losari Makassar dan belum bergila foto ria di depan totem mural bergambar.

Belum eksis jika belum selfie di depan mural keren PKM 2016
Belum eksis jika belum selfie di depan mural keren PKM 2016

 

Kesan yang sangat berbeda kurasakan saat berpartisipasi di PKM 2016, apalagi jika dibandingan dengan tahun kemarin. Pada 2015, saya cuma datang pas hari H, sebagai panitia Divisi Konsumsi. Menjadi tumbal pengganti Ifa, teman perwakilan dari Komunitas Sobat LemINA, yang mesti ikutan magang di Kompas TV nasional.

 

Sedangkan, tahun ini, saya lebih aktif mengikuti rapat persiapan sebelum hari H. Rapat divisi acara pada hari Selasa dan rapat besar seluruh divisi pada hari Kamis. Hanya sekadar ikutan rapat biar mendapatkan informasi perkembangan tiap fase persiapan menuju hari H.

 

Saya bertindak sebagai tumbal pengganti Dewi, teman perwakilan dari Komunitas Sobat Lemina, yang aktif di Divisi Acara sub bagian Kelas Kolaborasi. Dewi hanya aktif bergabung jika ada kegiatan terkait sub bagian Kelas Kolaborasi, sedangkan saya aktif mengikuti rapat karena ia tak bisa pulang malam.

 

Lebih sering ikutan rapat semakin memperpanjang tali silaturahim. Pada suatu hari Selasa sebelum rapat Divisi acara dimulai, saya dipertemukan dengan Tahir, perwakilan Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI) regional Makassar. Berkat kenal dengannya, urusan persuratan rekomendasi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar, sehubungan dengan kegiatan Sobat LemINA, menjadi sangat lebih mudah.

 

Setiap pertemuan akan memperat hubungan pertemanan. Gara-gara PKM 2016, saya lebih intens berjumpa dengan beberapa teman perwakilan komunitas yang saya kenal saat menjadi ketua Pentas Anak Makassar 2015.

 

Salah satunya adalah Kak Mute, perwakilan Komunitas Hijabers Makassar. Kami sempat mengabadikan wajah dalam satu bingkai gambar di Instagram saat foto bersama Sisi, Sugarglider ramah milik sekretaris Divisi Acara PKM 2016 (duh, lupa namanya siapa…).

Foto bersama Sisi dan Kak Mute (Moment PKM 2016)
Foto bersama Sisi dan Kak Mute’ (Moment pra PKM 2016)

Berikut candaan kak Mute’ yang sering terlontar saat kami bersama:

“Kaka Ica, kurang-kurangi mi nyengir kalau foto ki.”

“Lucunya Kaka Ica kalau ngomong. Harus ki jaim kalau sedang berbicara, biar tidak kelihatan kayak anak-anak. Ingat ki umur ta’ Kaka Ica.”

 

Oh God, i miss to hear that advice (Semoga tidak belepotan ji saat dibaca bahasa inggrisku). Candaan yang diselingi nasehat buatku sebagai bahan tuk evaluasi diri. Percaya tidak percaya, kalau saat foto, pasti kuingat sarannya Kak Mute’.

 

Betapa sangat berpengaruhnya setiap pribadi dalam hubungan antar manusia, menghasilkan potret-potret kenangan pada pikiran. Semoga kita menjadi orang yang selalu meninggalkan kenangan manis dalam kehidupan orang lain.

 

Berkomunitas mempengaruhi fase bersosialisasi manusia. Berkat PKM 2016, semakin banyak kegiatan kolaborasi sebelum hari H. Sangat memberi ruang bagi kita tuk mengembangkan daya kreatif komunitas, demi kemajuan Kota Makassar melalui kegiatan kolaborasi. Semoga setelah gelaran akbar PKM 2016, kita masih tetap berkolaborasi.

 

Salam Komunitas!

 

“Tulisan ini diikutkan pada lomba yang diadakan oleh Komunitasmakassar.org”

2 tanggapan untuk “Gara-Gara Pesta Komunitas Makassar (PKM) 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *