Karangan Bebas

Harapan Besar untuk Warga Berkebutuhan Khusus

8 Agustus 2012

Ada hal menarik ketika Saya melihat laporan video VOA yang diunggah melalui YouTube oleh voaindonesia mengenai “Kesempatan Kerja bagi Warga Berkebutuhan Khusus – Liputan Feature VOA” bahwa di Amerika terdapat sekitar 20 juta orang berkebutuhan khusus. Mereka seringkali sulit mendapatkan pekerjaan. Namun demikan, sebuah perusahaan manufaktur di Amerika, membuka kesempatan luas bagi mereka yang berkebutuhan khusus untuk dapat bekerja. Berikut liputan tim VOA selengkapnya.

Hal tersebut merupakan suatu terobosan luar biasa karena jumlah orang berkebutuhan khusus yang bekerja di perusahaan manufaktur tersebut berjumlah sekitar 85 persen dari keseluruhan jumlah pegawai. Saya berharap di Indonesia, bahkan di makassar, ada perusahaan manufaktur atau perusahaan lain yang terinspirasi memperkerjakan warga berkebutuhan khusus sehingga mereka mampu menjemput rejekinya dan mampu meningkatkan taraf kesejahteraan sosialnya dengan cara yang lebih baik. Selain itu, bukan hanya warga yang berkebutuhan khusus seperti tunanetra, tunarungu, atau mereka yang memiliki gangguan kejiwaan dan trauma psikis saja tetapi juga bagi warga yang tuna daksa.

Berhubung akhir – akhir ini, Saya seringkali melihat adanya tuna daksa, orang berkebutuhan khusus, di pinggir jalan yang berusaha menyusuri jalan dengan bantuan sebelah kakinya yang masih utuh dan alat yang dipegangnya di tangan sebelahnya untuk menarik bangku kayu, yang telah modifikasi sehingga memiliki roda di bawahnya dan bisa menopang tubuh, ketika berjalan. Dia berusaha berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau malah duduk di pintu keluar pompa bensin dengan bermodal payung untuk melindunginya dari sengatan panasnya matahari dan hujan sambil berharap ada pengguna jalan, yang kebetulan lewat, iba terhadap mereka. Seketika, hal yang terlintas di benak Saya adalah andai saja ada perusahaan atau pabrik di negara ini yang mau memperkerjakan mereka sehingga mereka tidak perlu menjemput rejeki dengan cara seperti itu. Namun, seringkali juga muncul di dalam benak pertanyaan – pertanyaan yang meragukan adanya perusahaan atau pabrik di negara ini yang mau memperkerjakan warga berkebutuhan khusus dimana bahkan pada saat bersamaan pengangguran bertubuh normal pun kadang terabaikan.

Terlepas dari pro kontra pemikiran tersebut, satu harapan besar Saya untuk warga berkebutuhan khusus di negara ini yakni adanya kesejahteraan sosial bagi mereka. Adapun solusi yang dapat Saya sarankan adalah memberi kesempatan kerja bagi warga berkebutuhan khusus dan menyesuaiakan pekerjaan dengan kemampuan mereka, menjaga keamanan lingkungan kerja serta tetap memperhatikan cara agar mereka dapat bekerja lebih efektif.

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply Hafizul 13 Agustus 2012 at 00:57

    Saya dah buat satu entri bagaimana nak m,embuat sitemap..harap lepas baca, sitemap blog ica berjaya la diakses..

    • Reply Nurfaisyah 15 Agustus 2012 at 08:46

      ok…makasih yach (worship)

    Leave a Reply