Karangan Bebas

Hari ke-23 : Hari Datar

23 Januari 2013

Hari datar adalah hari dimana emosi seperti bahagia, sedih, khawatir, marah, dan lain-lain terkurung dengan rapi di dalam penjara emosi dan hanya ketenangan yang merajalela.

Hari datar adalah hari dimana kebanyakan hal yang direncanakan berjalan seperti sungai yang mengalir, jika pun tidak berjalan sesuai rencana tetap saja dihadapi dengan tenang karena hanya ketenangan yang merajalela.

Hari datar itu ibarat rasa hambar yang tidak manis, tidak asin, tidak pahit, dan tidak asem.

Hari datar adalah hari dimana kebanyakan dijalani kurang produktif bersama orang lain, hal yang mesti dilakukan malah diabaikan karena alasan tidak mood dan yang terjadi malah sebaliknya karena pada hari datar kebanyakan “quality time” dihabiskan untuk Aku dan diriku sendiri sehingga hubungan dengan diri sendiri menjadi lebih intim.

Ada pepatah yang mengibaratkan hidup itu bagai roda yang berputar, kadang di atas dan kadang di bawah. Kalau menurutku, perlu sedikit tambahan, hidup itu bagai roda yang berputar, kadang di atas, kadang di bawah, dan ada masanya roda itu tidak bergerak meski hanya untuk sekedar diisikan angin, lubangnya ditambal, atau hanya untuk sekedar beristirahat dan memastikan bahwa ban tersebut tetap seimbang sehingga bisa berputar sebagaimana mestinya. Masa ketika roda tersebut tidak bergerak Aku namakan sebagai hari datar.

Hari datar tidak bisa diprediksi kedatangannya, ibarat jelangkung yang datang tak dijemput dan pulang tak diantar. Tak disangka dan tak diduga hari datar datang menyapaku tepat tanggal 23 januari 2013.

Sebagai info penutup, Hari datar tetap memperbolehkanku untuk belajar dari apa yang terjadi di hari tersebut. Contohnya, pelajaran bijak yang teorinya sudah sejak dulu kuketahui namun baru bisa dipraktikkan tepat di hari datar yakni : Orang yang kelihatannya tidak ramah bisa menjadi ramah jika kita ramah padanya dan menyampaikan keperluan menggunakan kata sopan atau singkatnya “Jika Anda sopan, Kami pun sopan”.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply