Kesehatan

Herpes Zoster (shingles) dan Cara Pengobatannya

19 Mei 2012

Herpes Zoster (shingles) dan Cara Pengobatannya – Sebelum membahas tentang Cara pengobatan Herpes Zoster maka terlebih dahulu ada baiknya bila kita mengetahui definisi herpes zoster. Herpes Zoster (shingles) adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus penyebab varisela (cacar air). Setelah terjadi infeksi varisela primer, virus akan vertahan pada ganglia dorsalis dan bila diaktifkan maka timbul vesikel-vesikel meradang unilateral di sepanjang dermatom sehingga kulit di sekitarnya mengalami edema dan perdarahan. Herpes zoster dapat berlangsung selama kurang lebih tiga minggu dan keadaan ini biasanya diawali atau disertai dengan rasa nyeri hebat dan/atau rasa terbakar. Meskipun setiap syaraf dapat terkena, tetapi saraf torakal, lumbal, kranial paling terserang. 

Nyeri yang timbul sesudah serangan herpes disebut neuralgia pascaherpetika dan biasanya berlangsung beberapa bulan, bahkan kadang-kadang sampai beberapa tahun.Herpes zoster yang menyebar ke seluruh tubuh, paru-paru, dan otak dapat menjadi fatal. Penyebaran seperti ini biasanya tampak pada pasien lifoma atau leukimia. Dengan demikian setiap pasien yang mengalami herpes zoster diseminata harus dievakuasi ulang untuk mencari kemungkinan adanya faktor keganasan.

Pengobatan herpes zoster :

1. Dapat dengan mengompres pada tempat yang terserang

2. Memberi obat penghilang rasa sakit;

  • Pemberian kortikosteroid sistemik dini dapat mencegah timbulnya neuralgia pascaherpetik.
  • Asiklovir oral 800 mg 5 kali sehari selama 10 hari dapat mempersingkat durasi infeksi herpes zoster.
  • Famsiklovir oral (Famvir) denga dosis 500 mg tiga kali sehari selama 7 hari dapat mempersingkat durasi infeksi herpes zoster
  • Neuralgia pascaherpetika yang menetap dapat diobati dengan kapsaisin topikal namun biasanya membutuhkan analgetik yang lebih kuat.
sumber: patofisiolologi: konsep klinis proses-proses penyakit edisi 6

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply cherry 30 Mei 2012 at 09:46

    thanks infox,,^__^

  • Leave a Reply