Inilah 4 Akibat yang Terjadi Saat Tubuh Kelebihan Probiotik

Probiotik untuk kesehatan saluran cerna, pada dasarnya bakteri baik ini memang memiliki peran di dalam proses pencernaan manusia, mulai diantaranya adalah untuk membantu mempercepat terjadinya pembusukan zat sisa atau kotoran yang ada di dalam tubuh, sehingga lebih cepat dikeluarkan juga berguna di dalam menjaga kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit, bakteri baik akan melawan bakteri jahat atau yang sifatnya pathogen di dalam tubuh.

Sebenarnya probiotik ini sendiri banyak terdapat pada berbagai macam produk makanan yang dikonsumsi sehari-hari, sebut saja diantaranya adalah makanan atau minuman hasil fermentasi, yaitu yogurt, keju, tempe, kimchi dan juga acar. Bahkan ada banyak orang yang juga mencukupi kebutuhan akan bakteri baik di dalam tubuh mereka diantaranya adalah dengan cara mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan yang kaya probiotik. Memang pada dasarnya bakteri baik ini memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Namun jika seandainya jumlah probiotik di dalam pencernaan terlalu berlebih juga kurang aman, karena bisa menyebabkan beberapa jenis masalah seperti:

Alergi, beberapa orang yang memiliki alergi terhadap probiotik, sebenarnya tetap memiliki probiotik di dalam tubuhnya, namun jika jumlahnya berlebihan atau lebih dari batas normal, justru akan menyerang kekebalan tubuh dan menyebabkan terjadinya alergi yang semakin parah.

Masalah pada pencernaan, semakin banyak jumlah bakteri baik yang ada di dalam pencernaan bisa menyebabkan beberapa reaksi di tubuh, seperti diantaranya adalah perut menjadi kembung, berkali-kali buang angin hingga rasa mual bahkan juga muntah. Karena probiotik ini nantinya akan merangsang metabolisme terlalu cepat.
Infeksi, probiotik yang berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi, apalagi untuk beberapa kalangan yang juga bermasalah dengan sistem imuns, sebut saja diantaranya ketika terjangkit penyakit HIV dan juga penyakit kanker.
Mempengaruhi kinerja dari obat-obatan yang dikonsumsi, istilah lainnya adalah terjadi komplikasi dengan produk obat-obatan yang digunakan.

Pentingnya probiotik untuk pencernaan ini sebenarnya sama juga dengan pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare. Namun jika jumlahnya berlebihan juga kurang bagus untuk kesehatan.

Sumber : guesehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *