Inilah Akibat Penyakit Asam Urat yang Tidak Diobati

Penyakit asam urat perlu diberi pengobatan yang tepat secara berkelanjutan. Jika tidak, ini yang akan terjadi kemudian.

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal monosodium urat di sendi-sendi tubuh. Kondisi ini sangat mungkin terjadi jika Anda hobi mengonsumsi makanan yang tinggi purin, seperti jeroan, kerang, lobster, dan bebek.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, gejala paling nyata dari penyakit asam urat adalah sendi terasa panas, merah dan bengkak secara tiba-tiba. Sendi yang sering mengalami keluhan tersebut adalah ibu jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Seseorang yang sudah terbukti mengalami penyakit asam urat dengan gejala yang makin sering muncul dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang sesuai. Jika tidak, gejala akan lebih sering muncul dan semakin menyakitkan. Hal yang lebih parah, yaitu berisiko tinggi berakhir pada komplikasi.

Berdasarkan penuturan dr. Sara, penyakit asam urat yang tidak diobati bisa menyebabkan munculnya komplikasi berupa:

Batu ginjal

Kristal asam urat dapat mengendap di ginjal dan saluran kemih. Jika dibiarkan berkelanjutan, terbentuknya batu ginjal tak bisa dihindari lagi.

“Keadaan ini ditandai dengan adanya nyeri pada pinggang atau area selangkangan, darah pada urine, kurangnya jumlah urine yang dikeluarkan, rasa nyeri atau sensasi terbakar saat berkemih, serta mual dan muntah,” ungkap dr. Sara.

Nefropati akut

Kristal asam urat yang mengendap pada ginjal dapat menyebabkan sumbatan pada saluran yang terdapat di organ tersebut. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya tekanan berlebih dalam ginjal. Akibatnya pembuluh darah yang ada di organ tersebut akan mengalami penekanan berlebih dan membuat ginjal kekurangan pasokan darah.
“Gejala yang dapat timbul akibat nefropati akut adalah mual, muntah, badan lemas, lesu, atau kejang. Kondisi ini dapat berkembang menjadi gagal ginjal akut,” tutur dr. Sara.

Sindrom metabolik

Tingkat asam urat yang cenderung tinggi berhubungan dengan risiko sindrom metabolik. Ini adalah kumpulan gejala yang mencakup tekanan darah tidak normal, kegemukan pada area perut atau visceral, serta kelainan kadar lemak dan gula darah.

“Kondisi ini dapat menjadi awal mula penyakit jantung, serangan jantung, stroke, dan sebagainya,” pungkas dr. Sara.

Asam urat
Foto : klikdokter.com

Mengetahui bahwa penyakit asam urat dapat berujung pada gawat darurat, Anda yang terbukti mengalaminya sebaiknya segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan dengan tepat. Jangan tinggal diam dan menunggu komplikasi mematikan datang menyerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *