Kiat Memilih Gamis Serta Rekomendasi Gamis Auffan

Baju gamis merupakan salah satu elemen busana muslim yang diperuntukkan pada pria. Busana yang satu ini bisa kita gunakan untuk beribadah.

Memilih gamis yang tepat

Nah, untuk memilih gamis yang tepat, apa saja sih yang perlu kita pertimbangkan dan gamis mana yang bisa menjadi rekomendasi kita?

Simak penjelasannya pada ulasan berikut ini!

1. Gamis yang ideal sekaligus trendi

Baju gamis seperti yang kita tahu mengacu pada pakaian yang dikenakan pria di jazirah Arab, yakni berupa jubah alias gamis. Melalui ciri khas yang satu ini, bisa kita pahami bersama bahwa pakaian ini dirancang dengan lengan panjang serta kain yang menutupi hingga ke bagian mata kaki.

Tentunya, hal ini juga bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing sehingga membuatnya menjadi lebih beragam. Ada juga preferensi-preferensi yang bisa disesuaikan dengan selera kita, misalnya seperti baju gamis pria yang lengannya panjang dan dibuat dengan kain halus berwarna biru muda.


2. Menentukan kain bahan material gamis

Secara umum, bahan baju yang cocok untuk membuat gamis ialah perpaduan antara 80% polyester dengan 20% cotton alias katun. Perpaduan ini sangat cocok agar pengguna gamis bisa tetap nyaman karena gamis yang dikenakan terasa ringan sekaligus adem. Kita tidak akan kesulitan untuk bergerak karena bahannya tidak berat. Selain itu, gamis yang seperti ini juga akan sangat mudah untuk disetrika.

3. Memperhatikan ketebalan gamis

Sebagai pelanggan yang cerdas, kita juga harus memperhatikan gamis yang akan kita beli secara detail, misalnya dengan melihat ketebalan kain yang digunakan pada gamis yang sedang kita minati. Pastikan ketebalan kain tersebut tidak sampai tembus pandang. Sementara itu, tidak terdapat ukuran yang lebih spesifik mengenai ketebalan kain ini.

Akan tetapi, yang pasti kita harus melihat, apakah ketika dikenakan, gamis mudah menerawang dari luar atau tidak. Hal ini sangat penting karena ajaran Islam melarang umatnya untuk menggunakan pakaian yang tembus pandang. Makanya, ketika memilih gamis, jangan hanya berpatokan pada jenis bahan yang adem dan warna atau motif yang disuka saja, tetapi juga faktor apakah gamis tersebut tidak tembus pandang atau tidak.

4. Memiliki panjang gamis yang ideal

Seperti yang telah kita pahami bersama, gamis idealnya memiliki panjang dari bahu sampai ke mata kaki. Tentunya pada beberapa model gamis tertentu kita juga bisa mendapatkan informasi mengenai detail gamis tersebut. Jadi, apabila misalnya terdapat kekurangan panjang, kita juga bisa menutupinya dengan menggunakan sarung ataupun celana panjang.

5. Menentukan model gamis

Memang prioritas ketika memilih gamis ialah memastikan bahwa gamis sudah sesuai dengan syariat Islam. Akan tetapi hal ini tidak menandakan bahwa kita hanya bisa tampil monoton. Sebaliknya, kita juga bisa menentukan model gamis, misalnya untuk disesuaikan dengan keperluan silaturahmi saat Idul Fitri dan Idul Adha, acara pengajian, dan lain sebagainya.

Ada banyak model gamis yang bisa kita pilih, misalnya seperti yang memiliki kancing tampak atau kancing yang tidak tampak, yang memiliki tambahan bordir pada bagian leher, dada, atau lengan, serta yang memiliki kombinasi warna kain dan kombinasi motif.

6. Saku (kantung):

Idealnya, baju gamis yang kita kenakan sebaiknya memiliki saku pada bagian sisi kanan maupun sisi kiri. Saku tersebut bisa ada di bagian depan. Sementara itu, untuk mendapatkan gamis yang tepat, kita bisa mengunjungi website auffan dan membeli gamis pria – jubbah azzam yang dibanderol dengan harga Rp450.000.