Tips Memudarkan Luka Pasca Operasi Caesar

Ibu yang pernah menjalani kelahiran melalui operasi caesar, tidak sedikit yang punya bekas luk sayatan di bagian bawah perutnya. Cukup banyak juga dari mereka yang merasa bahwa jahitan operasi caesar yang membekas tersebut cukup mengganggu hingga kemudian berupaya untuk mencari tahu cara memudarkannya seperti mencari artikel luka bekas operasicaesar.

Luka terjadi karena adanya keterlibatan rusaknya jaringan tubuh. Biasanya hal ini terjadi pada lapisan tubuh terluar, yaitu kulit. Bekas luka bisa muncul merupakan hal yang alami dari proses penyembuhan luka. Mengenai tampilan bekas luka sendiri tentu tergantung dengan asal luka terjadi, proses penyembuhannya, usia, dan faktor genetik.

Pada ibu yang baru saja selesai melakukan operasi caesar, pasca aringan yang rusak lantaran sayatan dan juga jahitan operasi sembuh, kulit akan menjadi kuat kembali seperti sebelum dilakukan operasi. Akan tetapi, penampilan kulit pada bagian sayatan kemungkinan besar berbeda dengan penampilan kulit yang tidak mengalami sayatan. Hal tersebut dapat terjadi lantaran kulit tersusun dari dua protein, yaitu kolagen dan elastin.

Sejatinya bekas luka pasca operasi tidak dapat sepenuhnya dihilangkan. Akan tetapi penampilannya masih bisa dipudarkan. Membaca lebih banyak mengenai artikel luka operasi caesar bisa cukup membantu ibu mendapatkan lebih banyak pengetahuan untuk merawat luka bekas operasi.

Sumber gambar : www.guesehat.com

Ada dua permasalahan yang dapat terjadi pada luka bekas operasi caesar. Pertama adalah keloid, yaitu ketika jaringan pada luka tumbuh melebihi batas luka dan hal ini membuat bagian sayatan bekas operasi membentuk tonjolan. Sedangkan yang kedua adalah bekas luka hipertorfik, yaitu berada di garis sayatan asli, akan tetapi jaringan tetap tumbuh serta jadi lebih tebal juga keras ketimbang luka normal.

Cara menyamarkan bekas luka operasi caesar adalah sebagai berikut:

  1. Gel oles yang mengandung cyclopentacylozane, dimethicone, serta vinyl dimethicone ascorbyl tetra isopalmitate. Gel tersebut bekerja untuk menekan produksi kolagen dan mengurangi peradangan juga untuk melembabkan kulit. Dengan begitu, bekas luka dapat tersamarkan secara berkala.
  2. Jangan membiarkan luka bekas operasi caesar terpapar sinar matahari langsung. Hal ini bisa menjadikan bekas luka tersebut lebih gelap atau justru lebih terang ketimbang kulit bagian lain.

Selain dua tips di atas, Anda juga penting untuk terus melakukan perawatan secara berkala seperti rutin membersihkan bagian luka, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, tidak banyak beraktivitas berat, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengakses www.guesehat.com untuk mencaritahu lebih banyak artikel luka bekas operasi yang lainnya agar juga langkah perawatan dapat dilakukan secara tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *