Kesehatan

Patologi Sistem Pencernaan : Pankreas

20 April 2013

Hari ini, Saya akan kembali berbagi jawaban tugas mengenai  Patologi Sistem Pencernaan : Pankreas setelah beberapa hari yang lalu Saya berbagi mengenai  Patologi Sistem Pencernaan : Usus Besar.

1.    Pankreatitis

Morfologi :

–     Dapat diklasifikan bentuk akut dan kronis

–     Pada pankreatitis akut, amilase dilepaskan ke dalam darah (bergunan untuk diagnostik), sering timbul pendarahan (hemoragik), dan nekrosis lemak pada jaringan sekitar akan mengikat kalsium.

–     Pankreas menunjukkan fibrosis dan atrofi ensokrin pada pankreatitits kronis. Dapat menyebabkan malabsorpsi intestinal akibat kehilangan sekresi pankreas.

Etiologi :

Pankreatitis Akut;

Termasuk obstruksi duktus pankreatikus, refluks empedu, alkohol, terutama intoksikasi akut, insufisiensi vaskuler (misalnya syok), infeksi virus mumps, hiperparatiroidisme, hipotermia, trauma, dan faktor iatrogenik (pasca ECRP).

Pankreatitis kronis;

Kejadian berulang dari proses klinis pankreatitis akut, minuman beralkohol yang berlebihan dalam waktu lama.

2.    Karsinoma pankreas

Morfologi :

–     Biasanya adenokarsinoma; Kelenjar neoplastik dengan nukleus pleormorfik yang atipik telah diinfiltrasi oleh jaringan ikat fibrosa yang padat.

–     Dapat timbul bersama ikterus obstruktif, dan prognosis sangat buruk.

Etiologi : Merokok, diabetes melitus

Daftar Pustaka :

  1. Kumar V., Cotran, R.S., Robbins, S., Brahm U. P., ed. Alih bahasa.  Hartanto H., Darmaniah N., Wulandari N. 2007. Buku ajar patologi robbins. Edisi 7. EGC. Jakarta. Hal. 610-661.
  2. Underwood. Ed. Alih bahasa Indonesia. Sarjadi. Patologi umum dan sistematik. Edisi kedua. Volume 2. EGC. Jakarta.1994. Hal.421-640.

Demikian, Patologi Sistem Pencernaan : Pankreas. Semoga ilmunya bermanfaat apalagi untuk membantu Kamu mengerjakan tugas. Dimohon doanya agar Saya bisa berhasil memahami materi ini dan semoga nilai ujiannya memuaskan sehingga Saya bisa lulus dalam mata kuliah ini. Aamiin.

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply