Kesehatan

Ini Dia Beberapa Penyebab Penyakit Kanker Serviks

19 Desember 2018

Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi ketika sel-sel di bagian leher rahim sedang tidak normal. Sel-sel abnormal tersebut biasanya akan berkembang dengan pesat, sehingga akan memicu tonjolan berupa tumor pada serviks.

Jika dibiarkan, maka tumor tersebut akan menjadi lebih ganas sehingga menjadi pemicu kanker serviks. Adapun mengenai berbagai gejala dari penyakit kanker serviks sebagai berikut => pendarahan yang tidak wajar pada vagina, siklus menstruasi jadi tidak teratur, rasa nyeri di bagian panggul (perut bagian bawah), rasa nyeri saat berhubungan intim, rasa nyeri di area punggung hingga kaki, menurunnya nafsu makan, berat badan menurun drastis, cairan vagina berbau menyengat, hingga pembengkakkan pada kaki.

Sumber : cdn.idntimes.com

Leher rahim itu sendiri merupakan organ berbentuk silinder, yang berfungsi untuk menghubungkan vagina ke rahim. Dengan kata lain, kanker serviks ini hanya akan dialami oleh kaum wanita saja. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang penyebab kanker serviks, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Infeksi Human Papilloma Virus

Penyebab pertama yang menjadi pemicu penyakit kanker serviks, dikarenakan adanya infeksi human papilloma virus. Serangan virus yang satu ini biasanya akibat hubungan seksual yang sering beganti-ganti pasangan, sehingga rentan terkena HPV tipe 16 dan 18. Selain karena faktor tersebut, adapun faktor lainnya seperti seks tanpa kondom, sex toys (mainan sex), oral sex, dan lain sebagainya. Menurut para medis, wanita yang tidak pernah mendapatkan vaksin adalah yang paling rentan terhadap infeksi HPV tersebut.

2. Kebiasaan Merokok

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Ya, selain dapat merusak organ jantung dan paru-paru, kebiasaan buruk yang satu ini juga dapat memicu penyakit kanker serviks lho. Mengapa bisa demikian? Sebab, tembakau pada rokok ini mengandung banyak zat kimia yang dapat memicu penyakit kanker serviks.

3. Infeksi Klamidia

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para medis, resiko yang lebih tinggi dari kanker serviks pada wanita dengan hasil tes darah yang pernah terjangkit atau terinfeksi penyakit menular seksual yang bernama klamidia.

4. Kurang Mengonsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Penyebab berikutnya yang menjadi pemicu penyakit kanker serviks, yakni karena kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran. Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin teratur.

5. Berat Badan Yang Berlebihan (obesitas)

Pada dasarnya, tubuh yang sehat itu memang terlihat dari berat badannya. Namun, apabila berat badan anda berlebihan, justru hal itu dapat memicu penyakit kanker serviks lho. Pasalnya, orang yang memiliki berat badan berlebihan itu sangat rentan terhadap penyakit tersebut.

6. Penggunaan Kontrasepsi (Pil KB) Dalam Jangka Panjang

Penyebab selanjutnya yang menjadi pemicu penyakit kanker serviks, yakni dikarenakan penggunaan kontransepsi oral (pil kb) dalam jangka panjang. Ya, hal itu juga dibenarkan oleh para medis, dimana penggunaan kontrasepsi oral dalam jangka panjang ini dapat meningkatkan resiko kanker serviks. Biasanya, penggunaan kontrasepsi oral yang dapat memicu penyakit kanker serviks itu berdurasi lebih dari 5 tahun.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker serviks. Dengan demikian, semoga ulasan diatas tadi bisa anda jadikan sebagai cerminan

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply