Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

Ketika kehamilan memasuki trimester ketiga, perut sudah mulai terlihat buncit, nafas kadang tidak teratur atau sesak, dan beberapa keluhan lainnya. Beberapa beranggapan bahwa perlengkapan bayi baru lahir sebaiknya dipersiapkan setelah melewati kehamilan 7 bulan. Sah-sah saja. Beberapa teman saya yang juga hamil mempersiapkannya sejak kehamilan 8 bulan.

Saya sendiri lebih memilih saat memasuki usia kehamilan 9 bulan. Itupun terdesak karena mengetahui kejadian kakak teman yang usia kehamilannya hampir sama dengan saya, namun lebih dulu melahirkan. Dioperasi caesar karena ketuban pecah dini. Saya mendiskusikan dengan suami mengenai keinginan mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir terkait kesiapan dananya. Meski kami menjalin Long Distance Married (LDM) sejak usia kehamilan saya 7 bulan, komunikasi tetap terjalin.

Kenapa melahirkan di Makassar ?

Saya pulang ke Makassar, berencana melahirkan di kampung halaman karena terkait saat pindah ke Bali setelah nikah dan belum mengurus Kartu Keluarga (KK) dengan suami saya sebagai kepala keluarga. Nah, syarat buat kartu BPJS, akte kelahiran, dan beberapa urusan administrasi membutuhkan KK. Padahal saya ingin sekali melahirkan di tempatnya Bu Robin Lim pemilik Yayasan Bumi Sehat di Ubud, Bali. Tempatnya direkomendasikan karena pro normal, inisiasi menyusui, lotus birth, dan beberapa artis juga pernah melahirkan di sana. Seperti Ayudia Bin Slamet yang melahirkan Sekala dan Oppy Andaresta.

Sebenarnya bisa sih saya melahirkan di tempat Bu Robin, tapi nanti bakalan terhambat dengan pengurusan akte kelahiran anak saya. Karena syarat dari pemerintah adalah gratis biaya pembuatan akte kelahiran jika diurus sebelum usia bayi 2 bulan. Setelah usia bayi 2 bulan, maka akan dikenakan biaya administrasi. Nah, karena agak resah juga ya membawa bayi naik pesawat, apalagi usianya masih di bawah standar normal maskapai penerbangan, saya pun pasrah dan memilih tuk melahirkan di Makassar.

Apa saja persiapan perlengkapan bayi?

Setelah bertanya ke teman-teman ibu muda yang telah lebih dulu menyandang status sebagai ibu, akhirnya saya memperoleh daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibawa ke rumah sakit saat menanti kelahiran buah hati.

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan
Sumber Foto : id.techinasia.com

Berikut daftarnya :

Tas Jinjing tuk dibawa ke Rumah Sakit : 1 pcs
Baju tanpa lengan : 6 pcs
Celana pop/pendek : 6 pcs
Baju pendek : 6 pcs
Baju panjang : 6 pcs
Celana panjang : 6 pcs
Baju dalam : 6 pcs
Topi : 2 pcs
Sarung tangan dan kaki : 3 pasang
Baju tuk digunaka saat acara akikah : 2 pasang
Jumper/romper : 3 pcs (1)
Sarung bedong yang tebal/selimut : 12 pcs
Popok kain/loyor  : 12 pcs
Popok sekali pakai (pospak) ukuran new born atau S : 1 bungkus
Terpal/perlak (buat tidur dan buat mandi) : 2 pcs
Alas perlak/alas ompol (kain bedong murah/bermotif garis garis) : 6 pcs
Perlengkapan mandi 1 paket kecil (sabun cair+minyak telon+baby oil+bedak+lotion+shampo) : 1 pcs
Tempat bedak + tepoknya : 1 pcs
Baskom mandi : 1 pcs
Handuk bayi : 1 pcs
Hanger jemuran pakaian bayi : 1 pcs
Gendongan bayi (geos/gendongan kaos/ringsling) : 1 pcs
Bantal peyang, guling, dan kasur : 1 set
Kelambu : 1 set
Termometer : 1 pcs
Gunting kuku bayi : 1 pcs
Tissue basah : 1 bungkus
Tissue kering : 1 bungkus
Tas Diaper Bag : 1 pcs

Untuk Keperluan Ibu (tuk yang pro menyusui):
Apron menyusui
Bra menyusui
Pembalut nifas
Sarung batik
Baju kancing depan
Korset
Perlengkapan Pompa Asi
Penampung asi (botol/plastik)
Pakaian tuk dikenakan saat pulang

Tempat beli keperluan bayi di Makassar

Nah, kalau bingung mau beli dimana tuk keperluan persiapan persalinan, bagi yang berdomisili di Makassar, ini pilihannya:

  1. UD Sangir Talaud : Jl. Laiya No.10, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90174
  2. New Sangir Talaud : Jalan perintis kemerdekaan km. 9 kelurahan Tamalanrea kecamatan Tamalanrea, Tamalanrea, Tamalanrea Jaya, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
  3. Toko H.T. Baby Shop : Jl. Laiya No.30-32, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90174

Saya membeli paket perlengkapan secara daring di marketplace terpercaya dan pastinya memilih paket komplit. Tak ada paket yang lengkap banget, pasti ada kekurangan dari segi jumlah. Nah, kekurangannya itulah saya beli deh di toko yang saya rekomendasikan di atas.

Saran teman, belilah secukupnya. Karena biasanya ada keluarga atau teman yang berkunjung lihat bayi dan membawakan perlengkapan. Apalagi saat acara akikah. Nanti deh, setelah kelar acara akikah, lanjut berbelanja lagi sisa kekurangannya.

Adapun perlengkapan tuk dibawa ke rumah sakit, saya persiapkan dua tas. Tas pertama tuk keperluan saat persalinan dan sesaat setelah persalinan, sedangkan tas kedua tuk keperluan di kamar perawatan hingga pulang.

Saya membedakannya agar ketika suami mendampingi persalinan, ia hanya perlu mengambil barang pada tas pertama. Jika saya pisahkan tasnya berdasarkan keperluan ibu dan anak, takutnya suami malah kerepotan apa saja yang digunakan saat persalinan dan sesaat setelah persalinan. Apalagi bukan suami yang mengepak barang.

Menurutmu, apakah informasi yang saya bagikan di atas sudah benar atau ada masukan? Saya tunggu ya di kolom komentar.

Baca Juga :

Apa Ciri Khas Kehamilan Trimester Pertama ?

Vitabumin : Madu Anak Penambah Nafsu Makan Sudah Ada Dimana-Mana

Mengatasi Asam Urat Dengan Ramuan Jahe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *