Seharian Berkeliling Cirebon? Ini 5 Tempat yang Bisa Anda Kunjungi

Seharian Berkeliling Cirebon? Ini 5 Tempat yang Bisa Anda Kunjungi

By : -

Seharian Berkeliling Cirebon? Ini 5 Tempat yang Bisa Anda Kunjungi

Cirebon merupakan kota yang menarik. Berada di Provinsi Jawa Barat, kota ini memiliki akulturasi budaya yang unik, perpaduan antara budaya Sunda dan Jawa. Ada pula percampuran unsur budaya lain, seperti Tionghoa dan Arab. Kondisi tersebut membuat kota ini selalu ramai oleh para wisatawan.

Dilihat dari lokasinya, Cirebon juga sangat strategis. Posisinya yang berada di jalur pantura, membuat para wisatawan bisa menjangkaunya dengan mudah. Cara paling nyaman berkunjung ke kota ini adalah dengan menggunakan kereta api. Ada berbagai jenis kereta yang melintasi Kota Cirebon, termasuk kereta yang berangkat dari wilayah timur Pulau Jawa.

Anda bisa membeli tiket kereta api dengan kelas yang beragam, mulai dari kelas ekonomi hingga eksekutif—sesuaikan saja dengan isi kantong. Cara mendapatkan tiketnya pun sekarang semakin mudah. Tidak perlu repot mengantre di stasiun, Anda bisa memesannya secara online, misalnya di situs resmi Traveloka.

Membeli tiket kereta api di Traveloka cukup sederhana, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi gratis yang telah disediakan atau langsung mengunjungi situs resminya. Selanjutnya ikuti langkah-langkah pembelian tiket, transfer pembayarannya, dan dapatkan kode tiketnya di email Anda.

Baca juga: Mutiara Laut Selatan Indonesia

Untuk pilihan perjalanan yang nyaman, Anda bisa naik kereta api kelas eksekutif. Ada beberapa opsi kereta eksekutif yang melintasi Kota Cirebon, di antaranya KA Argojati, KA Cirebon Ekspres, KA Ciremai Ekspres, KA Argo Bromo Anggrek, Argo Dwipangga, Argo Lawu, Gajayana, dan Kereta Api Bima.

Jangan lupa untuk menyusun itinerary selama di Cirebon. Kalau Anda ingin merencanakan liburan dalam waktu singkat, ada 5 tempat menarik yang bisa dikunjungi di kota ini dalam satu hari, yaitu:

1. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan - tripadvisor.com

Keraton Kasepuhan – tripadvisor.com

Keraton Kasepuhan menjadi tempat wisata wajib di Kota Cirebon. Keraton ini pun menjadi tempat tinggal para raja Kasultanan Cirebon beserta anggota keluarganya. Meski tak lagi memiliki kekuasaan, anggota keluarga Kasultanan Cirebon pun masih menempati areal kompleks bangunan ini. Fungsi keraton pun tak lagi sebagai pusat pemerintahan, melainkan tempat wisata.

Para wisatawan yang berkunjung ke keraton bisa berkeliling ke berbagai area. Termasuk di antaranya ada bangunan induk. Terdapat beberapa informasi menarik yang bisa diperoleh saat datang ke sini. Apalagi, berbagai barang peninggalan kerajaan dipampang secara rapi di area museum. Termasuk di antaranya kereta kencana yang disebut Kereta Singa Barong.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung - diasrentalmobilcirebon.com

Masjid Agung – diasrentalmobilcirebon.com

Masjid ini dikenal sebagai masjid tertua yang ada di Kota Cirebon. Dibangun pada tahun 1480 dan melibatkan secara langsung Wali Songo, yakni Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga. Selain itu, masjid ini juga memiliki pintu masuk sebanyak 9 buah, melambangkan jumlah anggota Wali Songo.

Hal menarik lain yang bisa dijumpai di masjid ini adalah, pelaksanaan Azan Pitu saat salat Jumat. Alih-alih dilakukan oleh seorang muazin, azan dilakukan secara bersamaan oleh 7 muazin sekaligus.

3. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman - disparbud.jabarprov.go.id

Keraton Kanoman – disparbud.jabarprov.go.id

Keraton Kanoman merupakan keraton kedua yang dimiliki oleh Kasultanan Cirebon. Lokasinya cukup dekat dengan Keraton Kasepuhan, sekitar 1 km. Keraton ini dibangun pada tahun 1678 oleh  Pangeran Mohamad Badridin yang bergelar Sultan Anom I. Anda bisa memilih berjalan kaki dari Keraton Kasepuhan saat berkunjung ke sini.

Saat memasuki area Keraton Kanoman, Anda akan melihat patung macan yang terletak di area halaman. Patung ini merupakan lambang Prabu Siliwangi. Patung serupa juga bisa dijumpai di Keraton Kasepuhan. Selain itu, ada hal unik lain yang dapat dijumpai di sini. Terutama, keberadaan piring keramik dari Tiongkok yang sengaja dibuat menempel pada bagian dinding keraton.

Baca Juga : #HariKe3 #ReliWisataPKM 2014

4. Gedung B.A.T

Gedung British American Tobaccos - cireboninternet.com

Gedung British American Tobaccos – cireboninternet.com

Setelah puas berkeliling Keraton Kanoman, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Gedung British American Tobaccos (BAT). Gedung ini berjarak hanya sekitar 700 meter dari Keraton Kanoman. Anda bisa ke ini dengan berjalan kaki atau naik becak.

Gedung ini dikenal sebagai cagar budaya berharga yang dimiliki Kota Cirebon. Gedung B.A.T memiliki desain arsitektur bergaya Art Deco dipakai pertama kali pada tahun 1924. Pada mulanya, bangunan ini dipakai sebagai pabrik rokok. Namun, saat ini sudah tak lagi beroperasi. Tempat ini pun kerap menjadi lokasi berburu foto para fotografer dan wisatawan.

5. Gua Sunyaragi

Goa Sunyaragi - mahligai-indonesia.com

Goa Sunyaragi – mahligai-indonesia.com

Gua Sunyarugi menjadi tempat wisata unik yang harus Anda sambangi selagi berada di Cirebon. Tempat ini dulunya merupakan lokasi bertapa para keluarga raja Cirebon. Hal tersebut mereka lakukan untuk mendapatkan suasana yang tenang. Di dalamnya, ada beberapa ruang yang khusus digunakan untuk bersemedi. Ada pula tempat yang dipakai sebagai lokasi berkumpulnya pasukan.

Baca Juga : #HariKe4 #ReliWisataPKM 2014

Gua Sunyarugi ini juga cukup mudah dikunjungi wisatawan. Apalagi, lokasinya berada di tepi jalan raya, tepatnya di Jalan By Pass Brigjen Dharsono. Selain itu, tempat ini juga berjarak sekitar 10-15 menit berkendara dengan Keraton Kasepuhan.

Tempat-tempat wisata di Cirebon sangat menarik, kan? Dijamin, Anda tak akan rugi kalau liburan ke sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *