Seks Saat Haid Dapat Sebabkan Infeksi, Cegah Sebelum Terjadi

Berhubungan seks sambil menstruasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan lebih baik jika anda melakukan penelusuran lebih dahulu sebelum Anda melakukannya dan temukan beberapa tips ahli tentang bagaimana berhubungan seks pada periode Anda. Catatan yang perlu diingat adalah Anda masih memungkinkan untuk hamil ketika melakukan hubungan seks.

Banyak orang mempertanyakan apakah berhubungan seks sebelum, selama, atau tepat setelah periode haid aman. Orang dapat terus berhubungan seks selama menstruasi, tetapi banyak pertimbangan tentang infeksi dan peluang kehamilan. Ada juga beberapa faktor lain yang membuat orang mempertimbangkan melakuakan seks selama menstruasi untuk membuat pengalaman sex senyaman mungkin.

Ada beberapa risiko infeksi ketika melakukan hubungan seks oral, anal, atau vagina, atau segala bentuk kontak kelamin dari kulit ke kulit – bahkan selama menstruasi. Ada risiko kehamilan saat berhubungan seks selama menstruasi, kecuali seseorang menggunakan alat kontrasepsi atau memiliki pasangan sesama jenis.

Berikut kemungkinan risiko hubungan seks selama menstruasi, termasuk infeksi menular seksual (IMS) dan kehamilan:

Apa risiko infeksi untuk seks selama menstruasi?

Ada dua jenis infeksi yang mungkin terjadi akibat aktivitas seksual: IMS dan masalah yang disebabkan oleh perubahan bau normal vagina, seperti infeksi jamur dan bakteri vaginosis. Sementara infeksi jamur juga dapat terjadi tanpa terlibat dalam aktivitas seksual, orang mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi jamur karena perubahan hormon selama suatu periode. Seks vagina-penis juga dapat menyebarkan infeksi jamur, menyebabkan kepala penis menjadi meradang. Kondisi ini disebut balanitis.

Satu-satunya cara untuk melindungi diri terhadap IMS adalah dengan menggunakan metode kontrasepsi seperti kondom atau ring. Langkah-langkah perlindungan ini tidak menjamin bahwa seseorang tidak akan tertular infeksi, tetapi mereka dapat secara signifikan mengurangi risiko bila digunakan dengan benar.

Bila dilihat dari sisi positif, seks memiliki dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan, meskipun tidak semua manfaat telah dibuktikan secara ilmiah.

Secara umum, kemungkinan manfaat berhubungan seks selama menstruasi meliputi:

  • mengurangi stres
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • mengurangi sakit kepala
  • peningkatan kebugaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *