Kesehatan

Tips Mencuci Botol Susu Bayi yang Benar untuk Anda

21 November 2018

Saat memilih sabun cuci pembersih botol maka ketahui keamanan komposisi bahannya. Hindari produk yang mengandung surfaktan dari bahan kimia buatan. Pastikan wadahnya mudah digunakan seperti dengan mudah menakar push type dan menggunakan spray type. Dapat menggunakan Sleek Baby Bottle Nipple yang tidak menyebabkan iritasi dan terasa sangat lembut di tangan dan bebas dari kandungan paraben yangberbahaya.

Sumber : sleekbaby.co.id

Berikut adalah tips mencuci botol susu bayi diantaranya:

  • Cuci tangan terlebih dahulu saat mencuci botol susu bayi.
  • Sediakan baskom khusus untuk peralatan mencuci botol susu bayi dan cuci baskom dengan sabun cuci piring antibakteri dan gunakan air mengalir saat membilas supaya tidak tercampur kotoran lain.
  • Sediakan baskom dan masukkan air hangat dan tambahkan satu sendok sabun cuci cair lalu aduk hingga air berbuih dan pastikan baskom terisi air yang cukup sehingga bagian botol terendam dengan baik.
  • Lepaskan semua bagian botol-botol susu dan masukkan semua bagian ke baskom supaya semua bagian terendam.
  • Gunakan sikat khusus botol untuk membersihkan badan botol serta bagian dot supaya mengangkat residu susu, gunakan gerakan memutar. Untuk bagian dot sedikit tekan supaya air sabun keluar dan membersihkan susu yang berada dalam dot.

Kesalahan Saat Mencuci Botol Susu Bayi

Kesalahan yang sering terjadi saat mencuci botol susu bayi adalah lupa mencuci tangan karena akan membuat kuman-kuman berpindah dalam botol susu. Tidak sempurna saat membersihkannya dengan melupakan bagian pengencang pada leher dot ataupun gelang dot pada botol. Kurang telaten sehingga hanya membersihkan bagian yang terlihat dan tidak memakai air mengalir ketika membuat seluruh kuman dan bakteri tidak luntur.

Deterjen untuk baju bayi dengan memilih sabun dan deterjen sintetis yang berasal dari minyak hewani dan nabati. Saat mencuci maka sebaiknya mencermati bahan baju bayi karena ada yang dapat dicuci dan tidak dapat dicuci. Pisahkan popok kain dengan baju bayi lainnya dan hindari penggunaan deterjen dan pewangi yang mengandung bahan kimia keras. Dapat menggunakan Sleek Baby Laundry Detergen untuk membersihkan pakaian bayi dengan aman.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply