Perlukah Asuransi Pengiriman Barang?

Bagi Anda yang sering menggunakan jasa pengiriman barang, baik sebagai pengirim maupun penerima, pasti tidak asing lagi dengan asuransi barang yang biasanya dicantumkan keterangannya pada bukti resi. Asuransi pengiriman barang yang disediakan merupakan bentuk kemitraan perusahaan jasa pengiriman dengan perusahaan asuransi investasi terbaik di Indonesia.

Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang

Mungkin sebagian dari Anda berpikir, bahwa tanpa asuransipun barang Anda aman karena pihak ekspedisi akan bertanggung jawab terhadap kerusakan dan kerugian. Pada kenyataannya, jika barang Anda mengalami kerusakan atau kehilangan saat Anda tidak mengasuransikannya maka pihak jasa pengiriman barang akan menganggapnya sebagai risiko pengirim dan tidak mendapat ganti rugi.

Meski tidak diwajibkan, penggunaan asuransi barang ini sangat dianjurkan. Terlebih jika barang atau dokumen yang Anda kirimkan memiliki nilai yang tinggi dan akan menimbulkan kerugian yang besar jika rusak atau hilang. Jenis barang yang sebaiknya Anda asuransikan adalah dokumen berharga, kendaraan, logam mulia atau perhiasan, alat elektronik, dan juga barang bernilai di atas 1 juta rupiah.

Berapa Besar Premi Asuransi Pengiriman Barang?

Besaran premi yang dibebankan kepada pengguna jasa tergantung pada nilai barang Anda. Ada juga yang mempertimbangkan ongkos kirim dan juga biaya administrasi. Sedangkan untuk penentuan besar persen harga barang untuk perhitungan premi ditentukan oleh perusahaan asuransi yang menjadi mitra dan perusahaan pengiriman yang Anda gunakan. Persenannya kurang lebih 0,2% dari harga barang, sehingga masih terjangkau.

Uang tanggungan yang diberikan kepada konsumen adalah senilai harga barang dan ongkos kirim dengan besar nilai maksimum yang diganti dalam satu invoice ditentukan oleh perusahaan ekspedisi. Cara untuk mengklaim asuransi adalah dengan menunjukkan nota harga barang, bukti resi, bukti pembayaran asuransi, dan formulir pengaduan yang disertai kartu identitas tertanggung.

Tak hanya saat barang Anda sudah berada di tangan Anda, Anda juga disarankan untuk mengasuransikan barang-barang baru Anda untuk menimalisir risiko di kemudian hari baik itu kendaraan, alat elektronik, maupun gadget. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang asuransi gadget, Anda bisa mengunjungi http //id.tanamduit.com/lindung-gadgetmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *